Wednesday, January 16, 2019

Atiqah Hasiholan Kenalkan Budaya Batak Lewat Film

Aktris, mode, serta presenter Atiqah Hasiholan (37) terakhir direpotkan dengan projek paling baru, yakni bermain dalam film bertopik Pariban Pujaan dari Tanah Jawa. Film yang tengah masuk babak pascaproduksi itu, Atiqah dilawan menjadi seseorang gadis Batak bernama Uli yang didekati oleh paribannya, Moan (Ganindra Bimo) dari Jakarta.

Baca Juga : Grage XXI Cirebon dan Jadwal Bioskop XXI Cirebon

Walau lahir serta besar di Jakarta, tidak membuat putri ke empat pasangan Ahmad Fahmy Alhady serta Ratna Sarumpaet ini kesusahan untuk memainkan peran menjadi gadis Batak. Hal tersebut karena, dianya masih tetap mempunyai garis keturunan Batak.

"Proses pendalaman peranan Uli di film ini cukuplah gampang, sebab memang keturunan Batak. Tetapi diluar itu terdapat beberapa orang Batak yang turut ikut serta di pembuatan film ini, hingga membuat proses pendalaman ciri-ciri jadi tambah lebih gampang. Ada ada Grace Blessing Marbun, Mak Gondut, serta Bang Tigor (Sumaisy Djaitov Yanda) yang begitu menolong saya untuk makin akrab sama budaya Batak," papar Atiqah dalam launching yang di terima redaksi, Rabu (9/1).

Pasangan dari aktor Rio Dewanto ini juga memberikan, pengalaman syuting yang lumayan lama di lokasi Samosir, membuat dianya lebih akrab serta bergaul dengan penduduk ditempat.

Baca Pula : Jadwal XXI Grage Cirebon dan Csb XXI Cirebon

"Saya lihat beberapa orang yang membuat kerajinan Batak, beberapa orang yang berada di pasar serta lapo juga. Beberapa pemeran simpatisan pun orang Samosir asli, jadi saya pelajari karakter mereka pun dari sana," papar Atiqah. Produser film Pariban Pujaan dari Tanah Jawa, Agustinus Sitorus menjelaskan harapannya supaya film ini dapat jadi jembatan untuk memperkenalkan budaya Batak dengan lebih luas lewat film.

Film ini menceritakan mengenai Moan (Ganindra Bimo) figur pemuda Batak yang telah lama tinggal di Jakarta. Walau usianya telah mencapai 37 tahun, tapi belumlah miliki pacar. Keadaan ini membuat ibunya yang menetap di Samosir pusing serta mesti turun tangan. Lantas memaksa Moan untuk mudik serta menikah dengan sepupunya, Uli.

Baca Juga : Jadwal Bioskop XXI Cirebon dan Jadwal XXI Csb Cirebon

"Saat ini ada cukuplah beberapa orang Batak yang tidak sangat familiar dengan budayanya sendiri. Kita ingin coba memperkenalkan budaya itu serta karenanya proses pendalaman ciri-ciri penting juga supaya beberapa aktor serta aktris yang ikut serta dapat mengemukakan budaya Batak dengan pas. Kita ingin narasi mengenai apakah itu pariban dengan langkah yang mudah, melalui pop culture yang kekinian, film komedi Batak,” terangnya.

No comments:

Post a Comment